Beranda / Potensi Desa / Sangkar Kokoh, Harga Terjangkau
Sangkar Kokoh, Harga Terjangkau
Rabu 22 November 2017

PAKEL – Berkeluarga menjadi alasan warga Dukuh Pule RT 020/ RW 005 Desa Pakel Kecamatan Andong Boyolali, Sutarno, berkali-kali berganti profesi. Kini, pria berusia 34 tahun itu menjadikan usaha pembuatan sangkar burung sebagai penopang kebutuhan keluarganya.

Sebelum menjadi pengrajin sangkar burung, Sutarno pernah berjualan aksesoris di pasar malam. Saat istrinya hamil, Sutarno pindah rumah dari Sragen ke Desa Pakel supaya lebih dekat dengan keluarga. Rumah yang sekarang dia tempati merupakan bantuan Program Swadaya Rumah dari Pemerintah Desa Pakel.

Setelah menempati rumah bantuan itu, Sutarno mendapatkan ide usaha pembuatan sangkar burung. Rumah yang dia tempati berdekatan dengan lokasi festival kicau burung, Gantangan Pule. Banyaknya peserta kompetisi Gantangan dari berbagai daerah membuka peluang bagi Sutarno untuk menjual berbagai model sangkar.

Sutarno memproduksi sangkar berbahan baku kayu jati yang dibeli dari sisa industri mebel di desanya. Dia bisa membeli berkarung-karung limbah mebel dari tetangganya untuk dijadikan bahan dasar utama untuk pembuatan sangkar burung. Peralatan produksipun di beli secara bertahap. Sutarno membeli peralatan dengan memanfaatkan laba berjualan aksesoris.

Sutarno menyediakan tiga jenis sangkar, yakni sangkar kecil seharga Rp75.000, sangkar ukuran sedang Rp90.000, dan sangkar burung besar Rp110.000. Selain dijual di depan rumah, produk Sutarno juga kerap diambil tengkulak.

Keawetan dan kekokohan kayu dengan polesan halus membuat sangkar burung Sautarno banyak dimintai pembeli. Ia juga melayani pesanan sangkar burung dengan harga sesuai model dan ukuran. Biasanya, Sutarno mematoknya harga sangkar diatas Rp100.000.

Mendekati akhir tahun, usaha Sutarno sedikit menurun karena kebanyakan pelanggan memilih menggunakan sangkar besi. Sutarno berniat mengembangkan usaha dengan memproduksi lebih banyak sangkar burung dengan berbagai model untuk dijual ke pengepul besar. Namun, keterbatasan modal dan tenaga kerja menjadi kendala utama bapak satu anak ini.

Anda berminat membeli sangkar burung kualitas unggulan dengan harga bersahabat? Sutarno bisa dihubungi di nomor telepon 0858671440441.

Potensi Desa LAINNYA
Anyaman Bambu Tak Lekang Usia
Rabu 18 Oktober 2017
Tas Kualitas Atas
Rabu 22 November 2017