Beranda / Potensi Desa / Tahu Buatan Sri Gurihnya Asli
Tahu Buatan Sri Gurihnya Asli
Rabu 22 November 2017

PAKEL – Desa Pakel, Kecamatan Andong, Boyolali, masih memiliki produsen tahu tradisional yang tak kalah nikmat dari pengusaha tahu modern.

Pengusaha tahu tradisional itu adalah warga Dukuh Pakel RT 008/ RW 002, Sri Setyaningsih. Sri memanfaatkan peralatan sederhana peninggalan ayahnya untuk memproduksi tahu secara tradisional. Dia menggunakan kedelai impor untuk menghasilkan 20kg tahu setiap kali produksi.

Terkadang Sri memproduksi tahu dengan dibantu ibunya karena harus mengurus anaknya yang masih balita. Tahu yang dia produksi tidak dijual ke pasar,melainkan diambil langsung tengkulak yang sudah puluhan tahun berlangganan. Tengkulak kemudian menjual tahu ke Pasar Gondang dan Pasar Ringin, Boyolali.

Sri membanderol harga tahu sekitar Rp16.000 per kotak. Setiap kotak tahu bisa dibagi menjadi beberapa potong sesuai keinginan pembeli. Sri mulai memproduksi tahu pada pagi hari. Sementara itu, dia menggoreng tahu untuk dijual matang setiap sore.

Tahu buatan Sri terkenal asli kedelai tanpa campuran atau bahan pengawet. Oleh karena itu, produknya hanya bisa bertahan dua hari. Jika ingin merasakan gurihnya tahu khas Pakel, Anda bisa berkunjung kerumah Sri di Dukuh Pakel RT 008/ RW 002.

Penjualan tahu keluarga Sri memang menurun drastis. Dulu, mereka bisa menjual hingga beberapa kuintal tahu setiap hari tapi kini penjualan terus menurun. Sri berharap bisa mengembangkan usaha tahu warisan keluarganya ini. Namun, ibu lima anak ini membutuhkan bantuan pemerintah desa untuk memasarkan tahu buatannya.

Potensi Desa LAINNYA
Keripik Yahay Rasa Aduhai
Rabu 22 November 2017
Sehat Dengan Jamu Serba Seribu
Rabu 22 November 2017